5 Manfaat Penggunaan Epoxy Lantai yang Perlu Anda Ketahui

Sumber gambar: https://www.marquardpainting.com/2019/05/02/pros-and-cons-of-epoxy-floors/

Sumber gambar: https://www.epodex.com/en/produkt/yellow-gold-epoxy-floor-incl-primer/

Pada dasarnya pengertian epoxy merupakan bahan kimia berupa rangkaian polimer dalam bentuk cair kemudian secara reaksi kimia berubah bentuk menjadi padat. Jadi, epoxy ini merupakan material bangunan yang memiliki fungsi sebagai pelapis pada lantai beton.

Jika di kemudian hari Anda menemukan istilah epoxy coatings yang artinya pelapis epoxy dan epoxy paints yang artinya cat epoxy, kedua istilah tersebut memiliki arti yang berbeda. Meskipun pada dasarnya, kedua istilah ini dipakai secara bergantian dalam dunia konstruksi bangunan.

Perlu Anda ketahui, secara material yang dimaksud dengan cat epoxy merupakan salah satu produk akrilik lateks yang mana di dalamnya mengandung sejumlah kecil campuran epoxy. Oleh karenanya, harga cat epoxy ini dinilai lumayan tinggi.

Sedangkan yang dimaksud dengan epoxy lantai atau epoxy flooring adalah dua kombinasi bahan yaitu penguat poliamina dan resin epoxy. Oleh karenanya sebelum dimanfaatkan, pelapis lantai epoxy ini harus dicampur terlebih dahulu.

Manfaat Penggunaan Epoxy Lantai 

Adapun perbedaan cat epoxy dengan epoxy lantai adalah epoxy lantai ini cepat kering. Selain itu, tahan lama dalam proses perwarnaan. Untuk lebih jelasnya manfaat penggunaan epoxy lantai adalah sebagai berikut.

1. Memiliki Daya Tahan yang Baik

Penggunaan pelapis epoxy flooring atau pelapis epoxy lantai ini memiliki daya tahan yang lebih baik dibandingkan dengan lantai beton yang dilapisi dengan cat biasa.

Perlu Anda ketahui, jika Anda menggunakan cat biasa, Anda akan sering mengulang melapisi lantai beton. Namun akan berbeda jika Anda menggunakan pelapis epoxy lantai atau cat epoxy.

Meskipun harga epoxy lebih sedikit lebih mahal dari harga cat biasa, namun jika dilihat dari ketahanannya penggunaan pelapis epoxy lantai ini dinilai hemat budget.

2. Tahan Lama dan Kuat

Sumber gambar: https://www.marquardpainting.com/2019/05/02/pros-and-cons-of-epoxy-floors/

Epoxy ini diklaim tahan lama dan kuat. Hal tersebut karena sifat epoxy sendiri memang sangat kuat dan memiliki fungsi dapat mencegah kerusakan kimia. Nah, itu semua akan terjadi saat epoxy mengalami perubahan menjadi polimer padat.

3. Tidak Boros Waktu atau Hemat Waktu

Penggunaan pelapis lantai epoxy ini dinilai mudah dipasang dan tidak memakan waktu yang lama. Artinya pemasangan pelapis epoxy lantai ini tidak boros waktu.

4. Tahan Terhadap Korosi Zat Kimia

Penggunaan pelapis epoxy ini dinilai tahan terhadap korosi zat kimia. Artinya jika lantai beton yang telah dilapisi cat epoxy terkena bahan kimia, epoxy lantai tersebut tidak akan mudah rusak atau keropos.

Jadi, penggunaan epoxy ini cocok sekali digunakan sebagai pelapis lantai beton yang memiliki fungsi sebagai pennyimpanan bahan kimia atau sebagai lantai untuk tempat budidaya tanaman, seperti gudang penyimpanan bahan kimia atau tempat untuk budidaya tanaman.

5. Memiliki Nilai Estetika yang Tinggi

epoxy-flooring

Sumber gambar: http://www.ajconcretevabeach.com/epoxy-flooring.html

Perlu Anda ketahui, dari segi estetika pelapis epoxy lantai ini memiliki beraneka ragam warna hingga pola sesuai dengan yang Anda inginkan. Semua warna dan pola epoxy lantai ini memiliki nilai estetika yang tinggi untuk menghias lantai beton bangunan Anda.

Nah, bagi Anda yang ingin membeli pelapis epoxy lantai, Anda dapat membelinya di Rekonstruksi.com dengan harga yang terjangkau sehingga dapat menghemat budget Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *