Bingung Memilih Pelapis Lantai? Yuk Kenali Dahulu Plus dan Minusnya Menggunakan Epoxy Lantai

Kebanyakan orang mungkin belum begitu mengenal epoxy lantai. Epoxy adalah cairan yang digunakan untuk melapisi lantai. Komposisi dari cairan pelapis lantai  ini terdiri resin dan pengeras (hardener), yang mampu menjadikan lantai lebih kuat dan mengkilap. Hal tersebut akibat campuran dari bahan kimia yang terkandung di dalam epoxy, sehingga dapat membentuk lapisan seperti plastik dan bertekstur kaku.

Kelebihan dari Epoxy Lantai

Pelapis epoxy lantai ini banyak diaplikasikan dalam bidang industri, karena mempunyai daya tahan cukup tinggi. Selain itu, untuk permukaan lantai yang dilapisi dengan epoxy lebih mudah dalam perawatannya dan menghemat biaya ketika ada kerusakan atau terjadi retak. Namun sebelum memilih menggunakan epoxy lantai, lebih baik kenali dahulu kelebihan dan kelemahannya.

Kelebihan dari Epoxy Lantai

Dengan semakin banyaknya pemakaian epoxy lantai pada rumah, pabrik, kantor, rumah sakit maupun hotel membuat lapisan ini memiliki beberapa kelebihan seperti berikut.

  • Segi Penampakan

Dari segi penampakannya, apabila dibandingkan jenis lantai biasa maka epoxy lantai lebih menarik, cerah dan juga halus. Epoxy lantai mempunyai permukaan yang halus, sehingga lebih mudah untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel.

  • Segi Biaya

Harga epoxy lantai lebih terjangkau, karena dapat di aplikasikan pada lantai beton atau lantai jenis lainnya. Itulah sebabnya harga tetaplah menjadi masalah utama dalam pemilihan jenis lantai dan apabila memilih epoxy maka dapat lebih banyak menghemat biaya yang dikeluarkan.

  • Daya Tahan

Untuk daya tahan pada epoxy floor tidak perlu diragukan lagi, karena memiliki ketahanan pada segala jenis bahan kimia dan noda. Misalnya pemutih, minyak, oli dan masih banyak lagi. Selain itu, epoxy lantai juga tahan terhadap air dan panas. Keuntungan lainnya yaitu mempunyai ketahanan terhadap kuman dan bakteri. Hal inilah yang menyebabkan epoxy  lantai banyak diaplikasika untuk ruangan  di rumah sakit, laboratorium dan klinik.

Kelemahan Epoxy Lantai

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh epoxy lantai, ternyata ada juga kelemahannya. Salah satunya yaitu epoxy lantai mempunyai permukaan yang sangat licin, sehingga lebih mudah membuat orang terpeleset. Selain itu, pemakaian epoxy lantai juga mengandung bau lebih menyengat akibat kandungan bahan kimia didalamnya. Oleh sebab itu, sebelum ingin mengaplikasikan epoxy lantai pada bangunan lebih baik pertimbangkan terlebih dahulu.

Kekurangan lainya, epoxy lantai merupakan cairan yang terbuat dari bahan perekat yang sangat kuat seperti resin. Jika sampai terjadi kesalahan dalam proses pengaplikasiannya, maka akan menyebabkan kesalahan yang fatal hingga mengalami kerugian.

Meskipun demikian, epoxy lantai mempunyai keawetan yang lebih lama dibandingkan dengan pelapis lantai jenis lainnya. Disamping itu, ternyata epoxy lantai sangat baik diaplikasikan pada permukaan lantai beton, logam, ubin dan kayu. Untuk harga epoxy di Rekonstruksi.com berkisar antara Rp. 60.000 sampai Rp. 300.000 per m² tergantung dari ketebalan dan luas lantai yang akan dilapisi. Pelapisan epoxy  pada lantai dapat dilakukan oleh para jasa profesional. Ketebalan lapisan epoxy yang disarankan berkisar 3 mm.

Selain itu, ternyata pada pengaplikasian epoxy floor juga dapat ditambahkan warna atau motif tertentu sehingga membuat permukaan lantai lebih elegan dan menarik. Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari epoxy yang bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam pemilihan lapisan lantai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *