Wajib Diketahui! Ini Dia Cara Mencegah Karat Pada Pintu Aluminium

Cara Mencegah Karat Pada Pintu Aluminium

Di zaman sekarang material rumah tidak hanya menggunakan kayu saja, kamu juga bisa memilih bahan aluminium untuk pintu dan jendela. Dengan memilih pintu aluminium maka akan ada banyak kelebihan yang akan kamu dapatkan. Selain menampilkan nilai estetik yang tinggi pintu jenis ini lebih mudah dipasang. Namun, pintu yang menggunakan aluminium harus dirawat dengan benar agar tidak mudah berkarat.

Tahukah kamu bahwa karat muncul akibat oksidasi besi, biasanya sering terjadi jika terkena air atau oksigen dalam waktu yang lama. Jika karat dibiarkan saja maka lama-lama akan menciptakan korosi. Oleh sebab itu perawatan tidak boleh asal-asalan, pastikan merawat pintu dari jenis aluminium dengan perawatan yang tepat.

3 Cara Mencegah Pintu Jenis Aluminium dari Karat

Cara Mencegah Karat Pada Pintu Aluminium

Pintu aluminium mampu memberikan kesan rumah yang mewah dan elegan, namun kesan tersebut akan sirna jika kebersihan pintu tidak dijaga dengan baik. Apalagi jika pintu dipenuhi dengan debu dan korosi, maka pintu hanya akan tampak kotor dan tidak enak dipandang. Untuk mengatasi masalah tersebut ada beberapa cara mencegah pintu berkarat dan berikut informasi lengkapnya.

1. Mengecat

Agar pintu yang menggunakan aluminium tidak mudah berkarat kamu bisa mengakalinya dengan mengecat, pastikan membersihkan terlebih dahulu dari debu dan benda kecil lainnya yang menyebabkan cat tidak maksimal. Jika ada cat yang terkelupas segera cat ulang karena sangat berpotensi memunculkan karat dalam waktu yang cepat.

2. Bersihkan dengan teratur

Pastikan membersihkan pintu secara teratur. Adapun cara membersihkan pintu dari bahan aluminium tidak bisa dilakukan dengan cara biasa, kamu bisa melihat langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Jika pintu tidak memiliki celah maka kamu bisa menyemprotkan air menggunakan selang agar semua kotoran yang menempel bisa luruh langsung ke bawah. Namun jika ada celah pada pintu maka segera lap agar tidak terpapar air dalam waktu yang lama yang bisa mengakibatkan korosi.
  • Gunakan larutan khusus untuk membersihkan aluminium atau detergen. Sebelum mempratekkannya pastikan untuk mencoba terlebih dahulu di area tertentu.
  • Jika sudah dibersihkan dengan larutan maka langkah selanjutnya lap dengan menggunakan kain yang lembab dan bersih ke seluruh bagian pintu.
  • Bilas kembali agar semua kotoran yang menempel hilang sampai tuntas
  • Selanjutnya lap kembali dengan menggunakan lap kering
  • Pastikan pintu tersebut bersih dan kering

3. Gunakan Pintu aluminium di tempat yang tidak lembab

Benda yang menggunakan aluminium cenderung tahan terhadap korosi, namun kamu tetap harus membersihkan dengan benar agar awet tahan lama. Selain itu alangkah baiknya menggunakan pintu dari aluminium dengan memilih ruangan paling tepat. Pastikan menggunakan pintu dari aluminium di ruangan kering jauh dari kelembaban udara.

Sebenarnya korosi yang terjadi pada aluminium lebih lambat dibanding korosi yang terjadi pada logam dan jenis lainnya. Hal ini disebabkan aluminium memiliki lapisan AI203 yang akan melindunginya. Baik suasana asam maupun basa lapisan tersebut akan melindungi aluminium. Adapun aluminium yang terkena korosi biasanya tidak terlalu tampak, bentuknya kecil cukup dan kasat mata. Lakukan saja cara-cara merawat dan mencegah karat dengan cara di atas, maka pintu aluminium yang ada di rumah tidak akan mudah berkarat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *