Inilah Alasan Mengapa Lapangan Basket Sangat Perlu Menggunakan Floor Hardener

Jika kamu bermain basket dan melihat lantai lapangan basket, mungkin kamu akan bertanya-tanya apa lapangan basket yang kamu gunakan perlu ada floor hardener? Nah, sebelum menjawab pertanyaan ini, kita perlu mengetahui terlebih dahulu secara detil apa yang dimaksud dengan floor hardener? Untuk menjawab semua semua pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Floor Hardener

Floor Hardener

Tentunya kamu pernah melihat area parkir, lantai gudang dan lapangan tenis atau basket yang memiliki lantai keras dan licin? Nah, itulah contoh dari pengaplikasian floor hardener dan floor hardener sika..

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan floor hardener itu? Floor hardener adalah suatu bahan yang berfungsi untuk membuat lantai beton menjadi licin dan lebih keras sehingga membuat lantai beton menjadi kuat dan terlihat mewah.

Pada dasarnya, floor hardener ada beberapa jenis tergantung dari material pembuatnya atau bahan dasarnya. Adapun floor hardener berdasarkan bahan pembuatnya, antara lain: pigmen, silika, grading, pasir hingga semen.

Namun perlu kamu ketahui, bentuk dari floor hardener ini berupa bubuk yang nantinya cara penggunaannya dengan cara ditaburkan secara merata ke lantai beton yang masih basah. Kemudian setelah bubuk floor hardener ditaburkan secara merata ke lantai beton baru dilakukan trowel finish.

Nah, tujuan dari trowel finish ini adalah untuk membuat permukaan lantai beton yang telah ditaburi bubuk floor hardener menjadi keras dan kuat. Selain itu, tujuan lain dari proses trowel finish ini adalah untuk membuat lantai menjadi halus dan merata.

Alasan Lapangan Basket Perlu Floor Hardener

Lapangan Basket

Setelah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan floor hardener dan jenis floor hardener sika, kemungkinan kamu akan berpikir kembali apa lapangan basket perlu floor hardener dan apa alasannya? Jika diperhatikan lapangan basket, pastinya kamu akan melihat lantai lapangan basket tersebut terlihat licin dan halus. Pada umumnya, lapangan basket indoor lebih licin dan halus dari lapangan basket outdoor.

Nah, lapangan basket yang terlihat licin dan halus tersebut merupakan bukti bahwa lapangan basket menggunakan bahan sika floor hardener. Hal tersebut menunjukkan bahwa lapangan basket pada umumnya menggunakan bahan floor hardener dengan bahan berwarna.

Adapun alasan mengapa lapangan basket perlu menggunakan sika floor hardener adalah sebagai berikut:

  1. Untuk memenuhi standar lapangan basket yang tepat yaitu menggunakan pondasi dari beton. Nah, semua kontruksi yang terbuat dari pondasi beton membutuhkan floor hardener supaya lantai beton menjadi kuat dan licin.
  2. Ciri khas lapangan basket yang memiliki banyak garis berwarna sehingga mengharuskan lantai dengan pondasi beton membutuhkan floor hardener. Nah, dengan floor hardener, kamu dapat membuat beberapa garis sesuai dengan standar lapangan basket.

Adapun jenis garis yang ada di lapangan basket sesuai standar adalah sebagai berikut:

  • Terdapat jenis garis lurus yang dibuat tanpa stensil.
  • Adanya garis batas yang terletak di luar batas dengan ukuran 2 hingga 3 inci. Garis ini ada di seluruh lapangan.
  • Terdapat garis tengah yang membentang secara horisontal berfungsi untuk menghubungkan dari satu sisi ke sisi lainnya. Pada umumnya, garis ini ada di tengah lapangan basket.
  • Ada garis lempar bebas. Garis ini terletak tepat 15 kaki dari lingkar dengan panjang sekitar 12 kaki.
  • Terdapat jalur lemparan bebas.
  1. Dengan adanya floor hardener, lapangan basket dapat dipercantik dengan menggunakan unsur grafis yang menarik dan unik, seperti menambah gambar ilustrasi di lapangan basket tersebut.

Nah, itulah alasan mengapa lapangan basket perlu menggunakan floor hardener. Bagi kamu yang ingin membuat lapangan basket dan membutuhkan jasa floor hardener, kamu dapat menghubungi jasa kontruksi yang terbiasa melayani floor hardener.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *