Intip Yuk Desain Menarik Taman Belakang Di Sini!

Bagi kamu yang tinggal di daerah perkotaan, taman belakang yang memiliki banyak manfaat mungkin saja wajib untuk dimiliki sebagai bagian dari rumah. Selain membuat sejuk dan menambah kesan asri, taman memiliki segudang kegunaan lainnya. Walaupun Indonesia memiliki cuaca yang terik dengan intensitas curah hujan yang cukup tinggi, kamu tetap bisa kok membuat taman belakang di rumah dengan nyaman, salah satunya dengan memanfaatkan kanopi kaca. Nah, kalau kamu tertarik untuk membuat taman di rumah, simak yuk ulasan berikut ini yang bisa menjadi inspirasi desain taman yang menarik!

Desain Taman Belakang

Taman Belakang Rumah Modern

Jika desain rumahmu bernuansa modern, kamu juga bisa mendesain taman belakang rumah dengan konsep yang modern agar terlihat senada. Kamu bisa menggunakan rumput alami maupun rumput sintetis pada bagian lantai (atau tanah) yang dipadukan dengan tembok berwarna putih atau putih gading di sekelilingnya. Kemudian, dekorasikan taman dengan tanaman hias sesuai selera. Jangan lupa letakkan sofa untuk bersantai dan menjernihkan pikiran di taman tersebut. Pada bagian atas, kamu bisa loh memasang kanopi kaca degan kaca buram untuk mengakali teriknya sinar matahari dan agar tetap bisa berdiam diri sambil menikmati suasana taman meskipun sedang hujan.

Taman Belakang Rumah Minimalis

Taman Belakang Rumah Minimalis

Selain desain yang modern, taman belakang dengan desain minimalis juga cocok kok untuk rumah berkonsep modern. Minimalis dan modern biasanya memang sering dipadukan. Desain yang satu ini cocok banget loh buat kamu yang memiliki lahan terbatas. Ingat ya, dalam konsep minimalis kamu perlu mengatur letak benda sebaik mungkin supaya bisa menimbulkan kesan yang luas dan tak terlihat sumpek. Lebih baik letakkan beberapa tanaman hias pada bagian pojok yang diberi pembatas ataupun sisi taman. Selain itu, menanam rumput hias di seluruh bagian permukaan tanah pada taman juga penting untuk memberikan kesan hijau dan natural.

Padukan dengan Kolam Renang

Kolam Renang

Nah, kalau kamu punya lahan yang lebih luas, bisa banget buat taman yang dipadukan dengan kolam berenang. Jadi, selain bersantai bisa sekalian olahraga. Untuk konsep yang satu ini, kamu bisa menggunakan bambu pada bagian dinding tertentu atau hanya untuk sebatas ornamen. Di samping itu, kamu bisa juga gunakan tanaman rambat di tembok taman agar terlihat lebih alami. Oh iya, jangan lupa untuk memasang batu alam di bagian rumput (lantai) taman yang menghubungkan antara pintu belakang rumah yang menuju taman ke kolam renang, pasti tamanmu akan jadi lebih cantik lagi!

Buat Taman dengan Arah Memanjang

Taman

Tentu saja taman tidak harus selalu berbentuk kotak atau lingkaran. Membuat taman dengan arah yang memanjang juga tak kalah cantik dan menarik kok dengan bentuk taman pada umumnya. Taman dengan bentuk seperti ini memang biasanya memiliki lebar yang kecil sehingga kamu bisa mengakalinya dengan menggabungkan taman dengan salah satu ruangan rumah. Contohnya, kamu bisa membuat rumah yang bagian belakangnya difungsikan sebagai ruang makan dan membuat taman di salah satu sisinya. Partisi kaca yang semipermanen bisa dijadikan sebagai pembatas antara ruang makan dengan taman. Desain seperti ini juga akan membuat kesan luas pada ruangan. Satu hal lagi, kamu bisa memasang kanopi kaca sebagai atap taman, dengan begitu cahaya matahari tidak akan terlalu menyengat dan tetap dapat menerangi taman. Jadi, tumbuhan tetap terkena cahaya matahari yang cukup, dapat menghemat listrik, serta dapat menyantap makanan yang dibalut dengan suasana asri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *