Inilah Rahasia Membuat Dinding Hemat dengan Bahan Sederhana

Rahasia Membuat Dinding Hemat

Pernahkan anda membayangkan sebuah rumah atau bangunan yang tidak memiliki dinding? Apa yang anda pikirkan? Pasti anda berfikir kalau itu aneh bukan. Dalam sebuah rancangan konstruksi bangunan sebuah dinding menjadi hal wajib yang tak boleh dilewatkan. Dinding harus dibuat kokoh agar mampu melindungi orang di dalamnya dari cuaca ekstrim.

Tips membuat dinding ekonomis

Syarat dinding yang baik minimal harus tahan terhadap angin, panas matahari yang terik, air hujan, dan tahan lama. Salah satu material yang paling populer digunakan adalah dinding batu bata, beton, dan herbel. Sayangnya ketiga material tersebut harganya cukup menguras dompet. Untuk itu sekarang banyak orang yang berakhir membuat dinding menggunakan material GRC.

GRC terbuat dari campuran semen dan serat fiber kaca yang dibentuk seperti lembaran papan, dengan permukaan bidang datar dan halus. Biasanya papan ini digunakan sebagai plafon rumah tapi karena ketahannya yang kuat terhadap api dan air membuatnya sering dipasang menjadi dinding luar ekonomis.

Disebut ekonomis bukan cuma Soal harga materialnya saja yang murah, namun proses pemasangan, dan material yang dibutuhkan tidak selama dan sebanyak dinding konvensional lainnya. Anda tidak membutuhkan semen dan pasir untuk memasangnya, dan yang terpenting proses pasangannya sangat cepat bahkan bisa selesai dalam 1-2 hari saja, dan mudah.

Cara pemasangannya pertama dimulai dari membuat rangka dinding terlebih dahulu, bisa menggunakan kayu, besi hollow, atau baja ringan. Setelah itu potong papan sesuai ukuran dinding GRC yang telah ditentukan. Tempelkan pada rangka dinding menggunakan skrup atau paku. Terakhir dempul setiap bagian sambungan menggunakan semen khusus agar terlihat rapi dan kuat. Sentuhan akhir anda bisa melapisi permukaannya menggunakan cat dinding langsung tanpa harus dilapisi semen terlebih dahulu.

Biasanya ketebalan dinding GRC yang dipilih pasti diatas 10 mm, alasannya adalah supaya tahan terhadap benturan. Sangat tidak lucu jika anda menggunakan papan yang tipis dan terkena tendangan bola dinding anda berlubang. Mengingat digunakan sebagai dinding luar penggunaan papan harus lebih tebal. Jangan khawatir soal harga karena merekalah satu ini sangat terjangkau mulai dari Rp 60.000 – Rp 90.000 per lembarnya.

Walaupun kekuatan material satu ini sudah terbukti masih banyak orang yang ragu untuk menggunakannya, padahal dilihat dari segi biaya yang dikeluarkan jauh lebih hemat sehingga kelebihan uang bisa dialokasikan untuk hal lain. Agar anda lebih mantap lagi berikut ada beberapa kelebihannya :

Ringan dan kuat

Jika anda membandingkan material ini dengan material yang serupa pasti terasa lebih ringan, walaupun ringan karena terbuat dari serat kaca dan semen material ini sangat kuat, tidak mudah hancur, dan patah.

Awet

Bahan utamanya membuat papan satu ini tahan terhadap api, dan air, selain itu papan ini juga anti rayap. Jadi dinding anda tidak akan mudah lapuk dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Fleksibel

Bahan bangunan satu ini memiliki tingkat fleksibilitas yang sangat tinggi. Hal ini memudahkan anda untuk memotong, dan membentuknya sesuka hati. Bahkan anda bisa memotongnya hanya dengan alat sederhana seperti papan dan cutter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *