Sebelum Membeli, Kenali Karakteristik 5 Jenis Kaca Ini

Karakteristik 5 Jenis Kaca

Kaca adalah material yang kini banyak digunakan pada hunian hingga gedung perkantoran. Dulunya kaca hanya digunakan sebagai jendela atau pintu saja, kini tidak lagi. Kaca sering digunakan juga sebagai dinding atau sekat hingga atap kanopi. Diciptakannya kaca tempered membuat semua penggunaan kaca yang kuat menjadi mungkin.

Material kaca kini tidak lagi dianggap sebagai bahan yang rapuh atau mudah pecah. Sebaliknya, karena sifatnya yang transparan membuat kaca ini banyak dipilih dibandingkan sekat ruangan seperti beton yang sangat tebal. Kesan elegan dan mewah membuat banyak orang memilih menggunakannya.

5 Jenis Kaca dengan Karakteristiknya

Karakteristik 5 Jenis Kaca

Anda boleh saja memilih kaca tempered untuk jendela atau bahkan dinding ruangan, tapi apakah jenis kaca tersebut benar-benar cocok? Ada banyak sekali jenis kaca diluaran yang perlu Anda teliti sebelum membeli. Mengetahui karakteristik dari masing-masing jenis kaca tentunya akan menjadi trik memilih yang paling ampuh. Cermati beberapa karakteristik dari beberapa jenis kaca berikut ini sebelum Anda membelinya.

  • Kaca polos
    Karakteristik 5 Jenis Kaca

Kaca ini adalah jenis yang pertama kali muncul, tidak ada warna yang dimiliki sehingga disebut sebagai kaca polos atau transparan. Karakteristiknya adalah mampu mentransmisikan sinar matahari lebih banyak. Sifatnya tidak dapat menahan panas dari matahari terlalu tinggi. Jadi penggunaannya pun harus diminimalisir, misalnya saja untuk meja atau akuarium.

Jika ingin menggunakan kaca ini perhatikan juga ketebalannya. Karena tidak bisa digunakan untuk kaca jendela maka ketebalannya pun cukup rendah, seperti ukuran 5mm hingga 8mm saja.

  • Kaca Es

Karakteristik 5 Jenis Kaca

Apakah Anda sering melihat kaca dengan tekstur dan motif di dalamnya? Itu adalah kaca es yang memiliki karakteristik seperti tampilan sebuah es yaitu tidak terlalu transparan dan memiliki motif. Karena karakteristiknya inilah yang membuat kaca es lebih sering digunakan sebagai dekorasi pada furniture, pintu atau sekat ruangan. Proses produksinya pun cukup berbeda yaitu dengan teknik roll out di mana akan membentuk pola atau motifnya. Karena tidak terlalu transparan maka kaca ini tidak dapat mentransmisikan cahaya matahari terlalu tinggi.

  • Kaca tempered

Karakteristik 5 Jenis Kaca

Inilah kaca yang saat ini lebih banyak digunakan. Karakteristik utamanya adalah sangat kuat dibandingkan jenis lainnya, bahkan bisa menahan panas hingga 700 derajat celcius. Karena digunakan untuk elemen outdoor maka kaca ini pun sangat tebal seperti lebih dari 10 mm untuk ukuran minimal. Tak hanya tahan panas, tempered glass juga kaca yang tahan terhadap tekanan udara, tekanan beban, atau benturan yang cukup keras.

Tanpa ketahanannya yang sangat tinggi, kaca tempered tidak bisa digunakan sebagai atap atau sekat ruangan bahkan dinding outdoor pada gedung bertingkat. Karakteristiknya yang sangat baik inilah yang membuat kaca memiliki harga lebih mahal.

  • Kaca Berwarna

Karakteristik 5 Jenis Kaca

Adapula kaca yang memiliki warna sehingga sering digunakan sebagai elemen dekoratif. Karakteristik dari kaca ini adalah kemampuannya menyerap panas matahari sehingga membuat ruangan menjadi lebih sejuk. Sangat cocok digunakan untuk kaca jendela pada kamar atau hunian.  Ada banyak pilihan warna yang tersedia seperti biru gelap, hijau gelap, abu-abu atau keemasan. Apabila Anda ingin menggunakan kaca yang warnanya lebih gelap, maka harus memilih kaca dengan ketebalan tinggi.

  • Kaca Reflektif

Karakteristik 5 Jenis Kaca

Kaca ini hampir mirip dengan kaca berwarna karena banyak juga varian warnanya. Bedanya adalah kaca ini memiliki karakter tidak menyerap cahaya. Jadi ketika cahaya matahari muncul akan dipantulkan kembali oleh kaca reflektif. Sehingga tidak akan membuat ruangan panas sedikitpun.

Jadi manakah jenis kaca yang akan Anda gunakan?Jangan lupa untuk menyesuaikannya juga dengan jenis ruangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *