Tangki Air Bocor? Lapisi Dengan Waterproofing!

Saat musim hujan tiba, perhatian kita akan tertuju pada bocor tidaknya rumah dan banjir di sekitar tempat tinggal. Setelah yakin bahwa kita tinggal di lingkungan yang aman dari banjir, maka perhatian kita beralih pada bocor tidaknya rumah. Tempat tinggal yang nyaman adalah tempat yang mampu melindungi kita dari berbagai macam cuaca, terutama panas dan hujan. Jika kita tinggal di wilayah curah hujan tinggi, maka sebaiknya memiliki rumah yang tahan bocor.

Kualitas bahan bangunan akan menentukan kuat tidaknya rumah kita terhadap terpaan cuaca. Salah satu bahan bangunan yang tidak bisa ditinggalkan adalah cat waterproof. Lapisan ini mampu melindungi rumah dari kebocoran. Ada beberapa jenis waterproof, mulai dari cair hingga harus dibakar seperti waterproofing membrane bakar. Aplikasi waterproofing tergantung kebutuhan rumah. Biasanya, rumah dengan konstruksi sederhana lebih banyak menggunakan waterproofing cair, sebab bisa diaplikasikan ke bagian rumah yang lain.

Saat ini cat waterproofing tidak hanya diaplikasikan pada eksterior rumah. Area kamar mandi, kolam ikan, bahkan tangki air pun membutuhkan cat waterproof. Pada kamar mandi, cat waterproof biasanya diaplikasikan pada dinding untuk menghindari air yang merembes. Sementara pada kolam ikan, cat waterproof diaplikasikan pada lantai kolam untuk menghindari air merembes masuk ke tanah. Sedangkan pada tangki air, waterproofing sika diaplikasikan untuk menghindari kebocoran tangki yang mengakibatkan air habis secara tiba-tiba.

Melapisi Tangki Air Dengan Waterproofing

Tangki Air

Hampir setiap rumah memiliki tangki air sebagai persediaan kebutuhan sehari-hari. Tangki air lebih banyak digunakan saat musim kemarau daripada musim hujan. Ukuran tangki air tergantung jumlah penghuni rumah. Semakin banyak penghuninya, maka akan membutuhkan air lebih banyak.

Ada tiga jenis bahan tangki air, yaitu fiberglass, polyethylene, dan stainless steel. Di Indonesia, bahan polyethylene paling banyak diproduksi di pasaran dan aman digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Bahan ini diklaim tahan benturan, tekanan, serta tidak mudah bocor. Meski begitu, penggunaan dalam jangka panjang akan mempengaruhi kekuatan daya tampung tangki tersebut.

Seringkali kita menjumpai tangki air yang bocor akibat penggunaan jangka panjang atau kualitas bahannya tidak terlalu bagus. Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita bisa langsung menggantinya dengan tangki baru yang tentu membutuhkan biaya lebih banyak. Alternatif lainnya adalah menggunakan cat waterproofing. Fungsi cat ini adalah membantu mengurangi hingga menahan kebocoran pada tangki air. Sehingga tidak ada lagi kasus tangki air tiba-tiba habis padahal kita tidak menggunakannya. Hal ini akan menghambat kebutuhan sehari-hari, terutama ketika sedang membutuhkan air dalam jumlah yang cukup banyak.

Waterproofing sika merupakan salah satu merk yang memproduksi cat waterproofing untuk tangki air. Bahan cat yang digunakan biasanya terbuat dari lateks, concret base, atau minyak yang memberikan serat tahan air yang kuat. Cat epoxy adalah salah satu jenis cat yang digunakan untuk melapisi tangki air sehingga tahan kebocoran dalam waktu yang cukup lama. Cat Epoxy memang mengandung bahan kimia yang sangat kuat sehingga mampu melindungi objek yang direndam air dalam kurun waktu yang cukup lama.

Demikianlah manfaat melapisi tangki air dengan waterproofing. Jangan sampai persediaan air kita tiba-tiba habis karena kebocoran tangki air dan kita tidak bisa menggunakannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *