Tips Memilih Karpet Lantai yang Pas Untuk Rumah

Karpet lantai merupakan salah satu dekorasi yang cukup penting dalam hunian rumah. Kehadirannya dapat menghubungkan furnitur, dekorasi, dan suasana hati para penghuni rumah. Namun memilih karpet lantai yang pas untuk rumah bisa dibilang gampang-gampang susah. Biasanya cukup mudah dalam memilihnya tetapi harga karpet lantai tidak sesuai. Sudah menemukan yang bagus tetapi ukurannya tidak sesuai.

Tips Memilih Karpet Lantai

Tips Memilih Karpet Lantai

Dalam pemilihan karpet lantai, ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan seperti menentukan jenis, ukuran, bahan, warna, motif, dan harga karpet lantai. Umumnya karpet lantai dipakai dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itulah, jangan sampai Anda salah dalam memilihnya. Untuk lebih jelasnya, kami akan memberikan tips dalam memilih karpet lantai yang pas untuk rumah Anda.

1. Menentukan Jenis dan Ukurannya

Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam pemilihan karpet lantai adalah menentukan jenis karpet yang ingin dibeli untuk ruangan mana. Jenis karpet lantai untuk ruang tamu, ruang sholat, kamar atau lainnya sudah pasti berbeda jenisnya. Hal ini bisa Anda tanyakan langsung ke penjual karpetnya, jenis karpet manakah yang cocok untuk jenis ruangan yang Anda butuhkan.

Di samping itu, ukuran karpet lantai juga penting. Jangan sampai lupa untuk ukuran karpet lantai harus disesuaikan dengan ruangan yang akan Anda pasangi dengan karpet. Untuk menghindari ukuran yang tidak sesuai, sebelum membeli karpet sebaiknya diukur dulu di rumah.

2.  Pilih Bahannya

Bahan karpet sangat menentukan apakah karpet lantai tersebut nantinya enak dipakai atau tidak. Bahan karpet lantai sendiri sangat bermacam-macam, ada yang kasar, lembut, berbulu-bulu, dan ada pula yang hanya polos. Tinggal Anda sesuaikan karpet tersebut ingin dipakai untuk apa. Tetapi biasanya bahan yang berbulu atau lembut sangat mudah kotor maka sebaiknya Anda hindari bahan ini.

3. Menentukan Motif

Motif karpet lantai juga banyak sekali macamnya. Anda bisa memilih motif yang polos atau yang rame. Karpet dengan banyak motif biasanya harga karpet lantai seperti ini akan jauh lebih mahal. Ada motif bunga-bunga, batik, kotak-kotak, dan lainnya. Dalam pemilihan motif ini juga harus Anda sesuaikan dengan desain interiornya.

Itulah beberapa tips yang dapat kami berikan mengenai pemilihan karpet lantai yang cocok untuk rumah Anda. Selain itu, harga karpet lantai penting untuk dipertimbangkan jika Anda memiliki budget yang terbatas.  Semoga dengan tips yang kami berikan di atas, Anda akan lebih mudah untuk memilih karpet yang pas untuk rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *